Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 37, 38 Bab 2

Begewa.com - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif Halaman 37, 38

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 SMP/MTS Ialah Jawaban soal-soal yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas 9.

Dengan adanya kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 2 ini dapat membantu adik-adik dan rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing.

Pada artikel ini, buku yang kami gunakan ialah buku yang bersumber dari Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kelas 9 SMP/MTS Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 37 Kegiatan 2


Kegiatan 2 : Mengidentifikasi Cara-cara Memersuasi


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 37, 38 Bab 2

Tentukan Mana contoh cara persuai berdasarkan etika emosi dan logika

"Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang diterbang. Jika daur ulang berkelanjutan, kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah."
Jawaban
1. Etika
"Kita paham bahwa cadangan sumber daya alami kita terbatas. Kita dapat memperpanjang cadangan kita dengan daur ulang.

2. Logika
"Daur ulang adalah hal yang benar kita lakukan. Memubazirkan sumber daya kita yang terbatas sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan, ini tidak bermoral.

3. Emosi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 38 Kegiatan 3


Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon !

Etika:

Emosi:

Logika:
Jawaban
Etika: Masyarakat kita pada dasarnya mulai menyadari bahwa kearifan lokal yang kita miliki sangat mementingkan keselarasan kehidupan sesama penghuni alam semesta ini baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Simaklah bagaimana tradisi kita mengajarkan penghormatan kita terhadap pepohonan yang seringkali kita sebut melanggar akidah keagamaan. Padahal apabila kita niatkan semata-mata untuk menghargai alam, semua itu sah-sah saja. Memberikan sesaji di beberapa pohon besar, bukan karena kita ingin menyembah pohon tersebut, melainkan karena kita menyadari bahwa pepohonan yang berusia tua tersebut telah banyak memberikan manfaat berupa hawa sejuk, sumber mata air dan keindahan alam. Selaras dengan itu, agar semakin banyak manfaat, perbanyaklah menanam pohon.

Emosi: Kita juga menyadari bahwa akhir-akhir ini kita merasakan kualitas kehidupan dan keseimbangan alam kita mulai banyak berubah dibanding beberapa tahun silam. Kita sudah jarang mendengar suara burung-burung prenjak di pepohonan setiap pagi. Kita juga jarang mendengar suara semilir daun-daun yang bergerak ditiup angin. Kedamaian-kedamaian seperti itu perlahan-lahan mulai hilang dari kehidupan kita sehari-hari, padahal kita tinggal di desa. Menghadirkan kedamaian tersebut di sekitar kita, menjadi tugas wajib agar anak cucu kita kelak juga akan merasakan keseimbangan alam yang menghadirkan rasa damai dalam jiwa. Mengingat tumbuhnya pepohonan membutuhkan waktu bertahun-tahun, kita harus secepatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama dan dalam jumlah yang besar sebagai warisan bagi anak cucu kita kelak.

Logika: Secara ilmiah, keberadaan tumbuhan di sekitar kita memberikan dampak bagi terciptanya keseimbangan alam. Keberadaan pepohonan yang tumbuh menghijau akan menghasilkan oksigen melimpah bagi umat manusia. Selain itu, akan banyak sekali hewan-hewan seperti burung yang akan hinggap dan membuat sarang di pepohonan. Semua itu akan meningkatkan kualitas hidup manusia.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga artikel yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 2 halaman 37, 38 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 37, 38 Bab 2"